GEJALA ANEMIA DAN PENYEBAB ANEMIA


Anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Akibatnya aggota tubuh kita tidak mendapatkan asupan oksigen yang maksimal. Sehingga membuat kita mudah lelah.

Penyebab anemia
Gejala Anemia


Orang yang mengalami anemia terkadang tidak merasakan gejala apapun pada dirinya, kecuali anemia yang ia derita sudah tingkat yang lebih berat biasanya gejala ini akan timbul dan menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh.

Ada beberapa jenis anemia yang terjadi pada seseorang, berikut ini beberapa anemia yang sering terjadi :

·         Anemia pada saat hamil
Seperti yang kita ketahui ibu yang sedang hamil memiliki haemoglobin yang lebih rendah padahal kebutuhan haemoglobin sangat dibutuhkan pada saat hamil. Bila asupan nutrisi untuk ibu hamil kurang maka bisa menyebabkan anemia, dan hal ini akan membahayakan bagi janinnya.

·         Anemia hemolitik
Biasanya penyakit ini, penyakit keturuna dari orang tua. Anemia hemolitik adalah kondisi dimana penghancuran sel darah merah lebih cepat terjadi dibandingkan proses pembentukannya

·         Anemia aplastic
Penyakit ini biasanya dipicu oleh infeksi virus pada tulang sumsum belakang. Anemia aplastic adalah kondisi dimana terjadinya kerusakan pada sumsum tulang belakang shingga mengakibatkan produksi sel darah merah terhambat.

·         Anemia akibat kekurangan zat besi
Zat besi yang ada ditubuh berfungsi menghasilkan haemoglobin, apabila tubuh kekurangan zat besi maka tubuh tidak akan mampu menghasilkan haemoglobin secara maksimal.

Jenis jenis amenia diatas merupakan jenis anemia secara umum. Hal lain yang akan kita bahas adalah apa saja penyebab terjadinya anemia? Kita perlu tahu ternyata ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya anemia. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan anemia :
  • Sel darah merah hancur terlalu cepat


Proses penghancuran sel darah merah lebih cepat daripada pembentukannya
  • Produksi sel darah merah yang kurang

Hal ini biasanya disebabkan karena kita kuranng mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi
  • Kehilangan darah secara berlebihan

Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil, atau terjadi pada orang yang sedang dioperasi

Hal hal diatas dapat terjadi kepada siapa saja. Ada beberapa gejala yang menandakan 
bahwa anda terkena penyakit anemia .

·         Merasa lelah terus menerus
Ini merupakan gejala yang paling umum. Kelelahan terjadi karena tubuh kita kekurang sel darah merah. Sel darah merah atau haemoglobin ini berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh bagian tubuh.
Nah karena tubuh kita kekuranng oksigen, akibatnya jantung harus bekerja lebih ekstra untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kelelahan.

·         Pusing dan sakit kepala
Pusing dan sakit kepala biasanya muncul tiba tiba, penyebabnya juga sama. Yaitu kurangnya asupan oksigen ke tubuh kita. Kurangnya  oksigen yang sampai ke otak akan membuat kita merasa pusing dan sakit kepala.

·         Sesak nafas
Karena kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan kita mengalami sesak nafas. Semakin paru paru bekerja keras untuk menampung oksigen, dada kita akan terasa sesak walaupun melakukan hal yang ringan.

·         Kulit menjadi lebih pucat
Ini merupakan salah satu ciri umum dari anemia. Perlu kamu ketahui bahwa seseorang yang tubuhnya pucat biasanya mengalami gejala anemia yang berat.

Itulah beberapa gejala yang seiring muncul pada penderita anemia, masih banyak gejala yang lain. Namun kali kita hanya membahas yang umum saja. Kita dapat mencegah terjadinya anemia dengan melakukan beberapa hal. Diantaranya sebagai berikut :

1.    Rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang akan akan vitamin C seperti jeruk, lemon dan tomat
2.    Makan makanan yang kayak akan zat besi seperti daging, sereal, ikan dan kacang kacangan.
3.    Makan makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti susu dan prodk turunan lainnya.

Nah itu sekilas mengenai anemia dari gejala, penyebab dan cara menghindarinya. Saran saya apabila anda merasakan salah satu gejala diatas, seger periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan sebagai tindak awal apakah kita terkena anemia? Atau tidak. 

Jika pun terkena sudah separah apa. Nah hal itulah yang  harus kita tanyakan ke dokter agar dia mendiagnosa sudah separah apa anemia kita dan dokterpun bisa mengambil tindakan yang tepat.

0 Response to "GEJALA ANEMIA DAN PENYEBAB ANEMIA "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel