PENYEBAB TERJADINYA SARIAWAN DAN CARA MENGOBATINYA


Canker sore atau yang dikenal dengan sariawan adalah luka di dalam bagian mulut yang menyebabkan rasa sakit, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika makan dan minum ataupun ketika berbicara.



Biasanya luka ini berwarna kuning atau putih. Terletak di bagian tepi bibir dan bisa juga di dalam mulut. Biasanya jumlah sariawan lebih dari satu, dan sariawan ini bukan lah penyakit yang menular. Sariawan ini biasanya disebabkan oleh virus atau bisa jadi karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Sariawan biasanya terjadi pada anak remaja usia 12-20 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan orang tua atau lansia terkena penyakit ini. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengobati sariawan

Anemia

Anemia atau kekurangan darah ternyata dapat menyebabkan munculnya sariawan, kekurangan zat besi ternyata dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kita kering.
Hal inilah yang memicu munculnya sariawan, agar tubuh tidak kekurangn zat besi, perbanyaklah mengonsumsi ikan. Karena ikan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak zat besi.

Kekurangan Vitamin C

Salah satu penyebab terjadinya sariawan yaitu kekurangan vitamin C dan Vitamin B12. Sama halnya dengan zat besi, kekurangan vitamin C juga memicu munculnya sariawan.

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi, hal inilah yang paling sering memicu terjadinya sariawan. Seperti yang kita ketahui sariawan biasanya muncul di sekitar bibir, di atas langit langit mulut dan disekitar gusi.  Sariawan bisa muncul disekitar gusi dikarenakan kesehatan gigi kita buruk, jarang di bersihkan.
Tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi akan menyebabkan virus mudah berkembang sehingga memicu terjadinya sariawan di sekitar mulut dan gigi. Oleh karena itu rajinlah memerhatikan kebersihan mulut dan menggosok gigi tiga kali sehari.

Mulut Kering

Selain membuat napas bau, ternyata mulut kering juga salah satu penyebab terjadinya sariawan pada mulut kita. Bakteri dan virus lebih mudah tumbuh tatkala mulut kita kering, pertumbuhan bakteri inilah yang memicu terjadinya sariawan.
Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi air putih lebih banyak. Agar mulut kita tidak kering, dan mencegah pertumbuhan bakteri dan virus.

Iritasi di Mulut

Iritasi dimulut dapat menyebabkan terjadinya sariawan, biasanya hal ini dikarenakan bakteri yang ada pada mulut. Bisa juga karena kita terlalu kuat menggosok gigi sehingga membuat area di dalam mulut terluka.
Iritasi yang terjadi pada mulut menyebabkan pemicu terjadinya sariawan. Oleh karena itu perhatikalah cara anda menggunakan sikat gigi, jangan terlalu kuat ataupun terlalu kasar. Karena jika terjadi iritasi, sariawan dapat menghampiri.

Kurangi makanan yang pedas dan asam

Salah satu penyebab terjadinya sariawan di mulut adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asam dan pedas. Makanan yang asam dan pedas ini dapat menimbulkan iritasi pada mulut, sehingga dapat memicu terjadinya sariawan.

Alergi terhadap suatu makanan

Alergi pada makanan tertentu ternyata dapat memicu terjadinya sariawan. Hal ini disebabkan karena system kekebalan tubuh merespon terhadap makanan yang kita konsumsi, sehingga memicu terjadinya sariawan pada mulut.

Infeksi Virus Herpes

Virus ini adalah virus yang dapat menular melalaui makanan atau lainnya seperti lipstick dan pelembap bibir. Virus inilah yang dapat memicu terjadinya sariawan pada mulut kita. Untuk itu hindarilah berbagi perlengkapan kosmetik yang digunakan untuk bibir, serta hindari juga berbagi makanan satu piring dengan teman kita.

Memasang kawat gigi

Salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah memasang kawat gigi. Ketika kita memasang kawat gigi, ini akan menimbulkan gesekan antara gusi, lidah, dan pipi. Nah hal ini dapat menyebabkan luka atau iritasi di dalam mulut sehingga memicu terjadinya sariawan.

Perubahan hormone progesterone

Hal ini biasanya terjadi pada wanita. Ketika menstruasi dan hamil, wanita mengalami perubahan hormon yang mana perubahan hormon ini dapat memicu terjadinya sariawan. Mengapa demikian? Karena ketika hormone progesterone mengalami perubahan maka jaringan lunak di dalam mulut lebih sensitive terhadap segala hal, inilah yang menyebabkan terjadinya sariawan, bukan hanya sariawan penyakit lain pun dapat terjadi, seperti gusi meradang, bengkak dan berdarah.

Itulah berbagai penyebab terjadinya sariawan, ada dua hal yang menjadi factor utama terjadinya sariawan. Kurang menjaga kebersihan mulut dan kekurang vitamin C merupakan factor yang paling seirng memicu terjadinya sariawan.

Oleh karena itu jagalah kebersihan mulut dan konsumsi vitamin C secukupnya. Apabila sariawan anda tidak kunjung sembuh, kami sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena hal itu lebih baik dari pada anda hanya mencoba berbagai hal namun tak kunjung sembuh juga.

Dalam hal yang lebih serius, sariawan yang terus menerus tidak sembuh bisa jadi itu adalah kanker mulut. Karena tanda paling khas dari penyakit ini adalah sariawan terus menerus tak kunjung sembuh.

0 Response to "PENYEBAB TERJADINYA SARIAWAN DAN CARA MENGOBATINYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel