GEJALA KANKER RAHIM DAN CARA PENCEGAHANNYA


Rahim adalah tempat janin tumbuh dan berkembang, yang terhubung dengan vagina. Fungsi utama Rahim yaitu menerima pembuahan dari ovum. Kanker Rahim adalah kondisi dimana sel sel yang terdapat pada Rahim tumbuh tidak terkendali sehingga menyebabkan benjolan atau tumor yang muncul pada Rahim.



Perlu kita ketahui tumor yang terbentuk tersebut memiliki dua sifat yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ini juga dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh apabila tidak segera ditangani. Biasanya kanker Rahim sering terjadi pada wanita yang sudah menopause, sekitar umur 50 tahun keatas. Namun tidak menutup kemungkinan anda yang masih remaja bisa terkena penyakit kanker Rahim.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja gejala gejala dan penyebab terjadinya kanker Rahim.

Pendarahan tidak normal, padahal sudah menopause

Salah satu gejala seseorang terkena kanker Rahim yaitu pendarahan abnormal. Ketika seseorang mencapai umur tertentu maka dia akan mengalami menopause, namun di sisi lain pendarahan terus terjadi berkepanjangan, nah hal ini bisa jadi anda terkena kanker Rahim. Atau pendarahan terjadi ketika kita selessai berhubungan seks.

Terasa sakit saat berhubungan badan

Tanda kanker Rahim selanjutnya merasa kesakitan saat melakukan hubungan badan, rasa sakit ini disertai dengan pendarahan setelah berhubungan badan. Ini merupakan salah satu gejala awal terkena kanker Rahim

Vagina terasa sakit saat buang air kecil

Jika anda merasakan nyeri atau sakit ketika buang air kecil, bisa jadi itu salah satu gejala anda terkena kanker Rahim. Biasanya rasa sakit atau nyeri ini timbul karena sel kanker tersebut menekan kandung kemih dan saluran kemih.

Keputihan yang berbau

Keputihan yang tidak normal, keputihan ini memiliki bau yang tidak sedap. Tidak seperti keputihan biasa yang warnanya jernih, keputihan ini bisanya berwarna merah dan coklat. Keputihan ini busuk dan mengandung darah, dan ini merupakan salah satu gejala bahwa anda terindikasi terkena kanker Rahim

Nafsu makan menurun

Selain gejala gejala yang disebutkan diatas, apabila gejala tersebut disertai dengan menurunnya nafsu makan, atau badan cepat lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Ini merupakan gejala anda terkena kanker Rahim.

Pinggul terasa nyeri

Gejala kanker Rahim berikutnya yaitu merasa nyeri di bagian pinggul, nyeri pinggul biasa disertai dengan rasa sakit pada perut bagian bawah.
Itulah beberapa gejala kanker Rahim, banyak factor yang menyebabkan terjadinya kanker Rahim. Walaupun belum diketahui secara pasti namun beberapa factor berikut bisa menjadi acuan anda, agar anda terhindar dari kanker Rahim.

Obesitas (berat badan berlebih)

Perubahan hormone pada tubuh yang terjadi disebabkan jaringan lemak yang berlebih dapat menimbulkan penyakit kanker Rahim.

Faktor Keturunan

Apabila anda memiliki anggota keluarga yang terkena kanker Rahim, bisa jadi anda juga terkena kanker Rahim

Faktor Usia

Dengan bertambahnya usia, kemungkinan anda terkena kanker Rahim lebih besar. Karena kanker Rahim biasanya terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Sering Menggunakan Hormon

Menggunakan hormmon estrogen sebagai kontrasespsi . Hal ini merupakan factor penyebab terjadinya kanker Rahim.

Diatas adalah berbagai factor yang dapat menyebabkan anda terkena kaker Rahim. Oleh karena itu jika anda memiliki kebiasaan seperti diatas, mulai dari sekarang kurangilah. Lakukanlah aktivitas yang lebih sehat agar anda terhindar dari kanker Rahim.

Perlu anda ketahui berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker Rahim :
  •   Mengontrol kadar gula darah

Seringlah berkonsultasi ke dokter dan lakukan control darah secara rutin.
  •           Menjaga berat badan

Salah satu cara mencegah terjadinya kanker Rahim yaitu dengan menjaga berat badan agar tidak obesitas, olahraga yang teratur
  •           Hindari merokok dan menjadi perokok pasif

Hal ini juga merupakan cara mencegah terjadinya kanker Rahim
Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker Rahim.

0 Response to "GEJALA KANKER RAHIM DAN CARA PENCEGAHANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel