GEJALA DAN PENYEBAB KANKER KULIT


Kanker kulit adalah penyakit dimana sel yang terdapat pada kulit tumbuh dengan tidak normal. Hal ini biasanya ditandai dengan timbulnya tahi lalat atau bercak bercak yang tiba tiba muncul. Hal ini bisanya disebabkan oleh radiasi sinar matahari.
Kanker kulit terbagi menjadi tiga, yaitu :



·         Karsinoma sel basal
Kanker ini menyerang sel basa, yang mana sel memiliki fungsi untuk mengganti atau meregenerasi sel kulit yang telah mati. Kanker ini terjadi pada bagian kulit epidermis (kulit bagian luar), biasanya terjadi di sekitar wajah dan leher

·         Karsinoma sel skuamosa
Kanker skuamosa biasanya tumbmuh disekitar telinga dan wajah, kanker ini bukan termasuk golongan kanker yang ganas. Kanker ini dapat tumbuh dibagian kulit mana saja yang mengandung sel skuamosa.

·         Kanker kulit Melanoma
Kanker ini ditandai dengan timbulnya tahi lalat dan bercak pada kulit. Kanker ini menyerang sel melanosit yang terdapat pada kulit, sehingga pertumbuhan sel tersebut tidak normal. Produksi melanin pun terganggu sehingga mengakibatkan perubahan pada warna kulit. Kanker ini termasuk kategori kanker yang ganas dari kedua kanker di atas.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dialami seseorang yang terindikasi terkena penyakit kanker kulit

1.    Gejala Kanker Karsinoma Sel Basal
Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu factor penyebab terjadinya kanker ini adalah seringnya kulit terkena sinar matahari. Beberapa gejala yang timbul yaitu timbulnya benjolan keras pada kulit dan lesi yang berbentuk datar pada kulit yang berwarna gelap

2.    Gejala Kanker Sel Skuamosa
Sama halnya dengan karsinoma sel basal, biasanya kanker kulit ini terjadi pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari. Beberapa gejala yang dialami yaitu timbulnya benjolan pada kulit dan lesi yang berbentuk seperti kerak yang disertai rasa gatal dan berdarah

3.    Gejala Kanker Kulit Melanoma
Kanker ini jarang terjadi, namun termasuk kedalam kategori kanker yang ganas. Gejala yang timbul biasanya warna kulit berubah, timbulnya tahi lalat dengan ukuran dan bentuk yang tidak normal. 

Terkadang tahi lalat tersebut mengeluarkan darah. Warna tahi lalat yang muncul lebih dari satu warna, hal ini lah yang menjadi tanda utama pada kanker melanoma. Biasanya ukuran tahi lalat ini berdiameter 6mm.

Itulah beberapa gejala yang timbul ketika anda terkena penyakit kanker kulit. Diantara tiga kanker tersebut, 2 kanker karsinoma dan kanker skuamosa tidak terlalu ganas. Namun kanker melanoma yang jarang terjadi merupakan kanker ganas.

Diatas sudah kita bahas beberapa gejala yang terjadi jika terkena kanker kulit, nah selanjutnya  kita akan membaha apa saja penyebab terjadinya kanker kulit

·         Memiliki banyak tahi lalat
Orang yang memiliki banyak tahi lalat, serta terdapat tahi lalat berukuran besar ditubuhnya biasanya lebih berisiko terkena kanker kulit.

·         Terkena paparan sinar matahari langsung
UVA dan UVB dapat memicu terjadinya kanker kulit. Hal ini dikarenakan UVA dan UVB tersebut merusak DNA di dalam sel kulit, sehingga menganggu pertumbuhan sel dalam kulit.

·         Paparan bahan kimia
Salah satu penyebab terjadinya kanker kulit adalah paparan bahan kimia, khusus untuk anda yang bekerja di perusahaan biasanya lebih rentan terpapar bahan kimia. Bahan kimia yang bersifat arsenic dan karsinogenik dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit

·         Kulit yang pernah terbakar karena matahari
Biasanya  kulit  yang pernah terbakar karena sinar matahari lebih rentan terkena penyakit kanker kulit

·         Radiasi
Orang bekerja di pabrik biasanya lebih rentan terkena radiasi,begitu juga orang yang sering menjalani kemotrapi. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya  kanker kulit pada diri anda.

·         Sistem imun tubuh yang lemah
Orang yang memiliki daya tahab tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terkena penyakit kanker kulit

Itulah beberapa penyebab terjadinya kanker kulit. Perlu kita ketahui, kanker kulit sendiri memiliki tingkat keparahannya masing-masing. Berikut ini tingkat keparahan yang dialami penderita kanker kulit

1.    Stadium 1
Disini kanker kulit terjadi dibawah epidermis, ukuran kanker masih kecil sekitar 2cm

2.    Stadium 2
Kanker belum menyebar ke jaringan lain namun ukurannya membesar.

3.    Stadium 3
Kanker telah menyebar ke jaringan sekitar dan ukurannya sudah mencapai 4cm

4.    Stadium 4
Kanker sudah menyebar ke jaringan lain bahkan ke kelenjer getah bening. Dan ukuran kanker 5cm


Jika anda mengalami salah satu gejala diatas segera konsultasikan ke dokter. Karena bisa  jadi anda terkena penyakit kanker kulit. Lebih baik kita mendiagnosa di awal, sehingga kita tahu penyakit apa yang kita derita dan sudah pada tingkat apa penyakit tersebut.


0 Response to "GEJALA DAN PENYEBAB KANKER KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel