7 GEJALA PENYAKIT MAAG YANG HARUS DIKETAHUI


Penyakit Maag atau yang disebut dengan dyspepsia merupakan suatu penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada lambung, hal ini terjadi karena suatu kondisi tertentu. 

7 Gejala Penyakit Maag


Sebenarnya maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu gejala yang mana ada sesuatu yang tidak beres di lambung kita. Maag dapat di alami oleh siapa saja, baik tua maupun muda semuanya bisa terkena maag. Maag biasanya terjadi karena kebiasaan buruk kita dalam mengonsumsi makanan ataupun dalam mengatur waktu makan. Sering terlambat makan merupakan salah satu penyebab terjadinya maag.

Apa saja gejala maag yang muncul? Hal ini perlu kita perhatikan, karena gejala maag bisa jadi pertanda bahwa ada yang tidak beres di pencernaan kita bahkan bisa jadi lebih buruk dari itu.

Berikut ini kami rangkumkan beberapa gejala maag yang sering muncul

1.       Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala maag yang paling umum, hal ini terjadi karena berbagai gangguan yang terjadi di pencernaan kita. Misalnya asam lambung naik, terjadi infeksi pada lambung, tukak lambung, atau peradangan lambung(gastritis).

Hal ini bsai juga terjadi karena kebiaasaan kita makan telat atau makan berlebihan sehingga menyebabkan asam lambung naik yang menyebabkan nyeri di dada.
Mual dan muntah mungkin hal yang sudah biasa kalau terjadi pada saat sakit, namun berbeda apabila kita tidak tahu penyebabnya bisa jadi ini menjadi tanda adanya penyakit yang serius di tubuh kita.

2.       Perut Kembung

Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas di dalam perut. Hal ini tentu saja membuat seseorang merasa tidak nyaman dalam beraktivitas, ini merupakan salah satu gejala maag. Hal ini terjadi karena kebiasaan buruk kita, makan dengan cepat dan terburu buru, sering mengonsumsi minuman yang bersoda sehingga gas dan udara menumpuk di dalam perut

3.       Sering bersendawa

Salah satu gejala maag lainnya yaitu sering bersendawa, normalnya seseorang itu bersendawa sekali sekali saja. Namun jika sudah berulang kali ini merupakan salah satu tanda ada yang tidak beres pada pencernaan kita, hal ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah asam pada lambung , yang memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

4.       Sakit perut

Jika sesuatu terjadi pada pencernaan kita, biasanya akan menimbulkan nyeri dan sakit perut. Hal ini juga merupakan gejala maag, ini dapat terjadi karena berbagai hal. Sakit perut biasanya terjadi ketika asam lambung naik, terjadi peradangan di lambung, terjadi iritasi pada usus, terjadi infeksi pada perut dan lainnya.


5.       Nyeri pada Dada

Nyeri pada dada merupakan gejala awal yang sering terjadi tatkala penyakit maag muncul tiba-tiba. Salah satu penyebab nyeri pada dada yaitu asam lambung. Ketika produksi asam lambung itu banyak, itu akan membuatnya naik keatas hingga ke ulu hati. Gejala ini biasa disebut dengan Heartburn.

6.       Cepat merasa kenyang

Tatkala seseorang terkena gejala maag, dimana kondisi perut sering sakit. Tanpa sadar itu mengurangi nafsu makan serta membuat kita mudah kenyang seperti baru saja makan dan minum.

Perut yang sebenarnya kosong terasa berisi karena asam lambung naik, yang mengisi perut bukanlah makanan melainkan angina. Karena ketika asam lambung naik, kita akan lebih sering bersendawa sehingga mengakibatkan udara lebih banyak masuk ke perut.

7.       Badan mudah lelah

Salah satu tanda seseorang terkena gejala maag yaitu mudah lelah. Orang yang terkena gejala maag ia sering merasakan sakit di ulu hatinya sehingga membuat nya tidak nafsu makan, kebiaasaan inilah yang lambat laun akan membuat seseorang mudah lelah karena tubuh tidak di isi dengan karbohidrat

Terkadang sakit yang terjadi di ulu hati membuat seseorang tidak dapat beraktivitas, hingga harus di rawat di rumah sakit.

Berbagai macam gejala diatas semuanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya saja waktu makan, betapa banyak kita lihat seseorang terlambat makan hanya karena kerjaan mereka? Padahal efeknya bisa sangat buruk untuk lambung. Kebiasaan telat makan ini yang sering mengakibatkan kita mual dan muntah.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol juga merupakan penyebab terjadinya gejala maag. Terlalu banyak mengonsumsi kafein sehingga tidak makan ini akan menyebabkan sakit di bagian ulu hati seperti ditusuk tusuk.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas, berlemak atau berminyak juga dapat menimbulkan gejala maag.

Merokok juga merupakan salah satu penyeba gejala maag

Yang perlu kita ketahui kita harus menjaga kesehatan pencernaan kita, mengatur pola makan, mengatur waktu makan dan lainnya.



0 Response to "7 GEJALA PENYAKIT MAAG YANG HARUS DIKETAHUI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel