4 CARA MENGOBATI KANKER PAYUDARA


Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan bagi kaum wanita. Kanker payudara terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali dalam jaringan payudara. Pertumbuhan sel yang tidak normal tersebut membentuk benjolan atau tumor. Biasanya kanker payudara tumbuh di dekat lobules, namun bisa juga tumbuh disekitar area puting susu.



Cara mengobati kanker payudara ditentukan oleh dokter, karena kita harus tau sudah stadium berapa kanker tersebut atau sudah separah apa kanker tersebut menjalar di tubuh.

Sebelum menentukan pengobatan kanker, dokter harus mediagnosa terlebih dahulu kanker jenis apa yang menyerang anda, ukuran tumornya berapa besar, usia anda, sudah menopause atau belum. Jika hal tersebut sudah diketahui oleh dokter, barulah dokter memberikan beberpa pilihan cara mengobati kanker tersebut.

Terapi hormone

Salah satu cara mengobati kanker payudara yaitu dengan terapi hormone, terapi hormone biasanya dilakukan setelah operasi pengangkatan kanker payudara namun terapi ini bisa juga dilakukan sebelum operasi.

Salah satu fungsi terapi ini yaitu untuk mencegah estrogen agar tidak memantu sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Terapi ini memakan waktu yang sangat lama, biasanya berjalan selama 5 tahun. Selain itu terapi ini memiliki efek samping seperti sakit kepada dan suasana hati mudah berubah.

Terapi hormone adalah bentuk terapi sistemik yang mana memasukkan obat obat ke dalam sel kanker ke semua bagian tubuh. Terapi ini juga membantu kita untuk mengurangi resiko kembalinya kanker yang sudah diangkat melalui operasi.

Terapi target

Cara selanjutnya untuk mengobati penyakit kanker payudara yaitu dengan terapi target, terapi ini berfokus untuk membunuh sel kanker tanpa merusak sel lainnya.

Terapi ini juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Berikut ini obat obatany yang biasanya digunakan untuk terapi target :

  • Herceptin

Antibody ini berguna untuk mengobati kanker payudara stadium awal dan akhir, obat ini biasanya disuntukkan langsung ke dalam tubuh setelah melakukan operasi pengangkatan kanker .
  • Perjeta

Antibody ini memiliki fungsi yang sama dengan Herceptin, ini merupakan campuran dari Herceptin dan kemo. Berguna untuk mengobati kanker payudara stadium awal dan lanjut.

Kemotrapi

Siapa yang tidak tahu cara pengobatan ini? Kemotrapi merupakan cara yang sering digunakan orang untuk mengobati kanker. Kemotrapi sendiri merupakan metode dokter untuk mengobati kanker payudara dengan cara meracik obat-obatan khusus untuk membunuh sel kanker.

Obat obat tersebut biasanya disuntikkan melalui pembuluh darah guna membunuh sel kanker serta menghambat pertumbuhan sela tersebut. Perlu kita ketahui kemotrapi tidak hanya membunuh sel kanker pada payudara, namun ia juga membunuh sel kanker yang ada di dalam aliran tubuh kita.

Kemotrapi ini juga diberikan ketika seseorang ingin melakukan operasi kanker payudara, karena kemotrapi dapat mengecilkan ukuran tumor yang ada pada payudara. Namun demikian banyak efek samping yang ditimbulkan dari kemotrapi ini :
  • Rambut rontok
  • Nafsu makan hilang
  • Lebih mudah terinfeksi penyakit dikarenakan sel darah putihnya rendadh
  • Lebih mudah kelelahan karena sel darah merah renddah

Dan banyak lagi efek samping yang ditimbulkan kemotrapi, namun metode inilah yang paling banyak dilakukan orang untuk mengobati kanker payudara

Terapi Radiasi (Sinar X)

Terapi radiasi atau yang dikenal dengan sinar X, radiasi ini dilakukan menggunakan sinar X bertenaga tinggi guna membunuh sel kanker yang ada pada payudara. Selain mengobati kanker yang kita derita ternyata terapi ini juga mengurangi resiko kanker tersebut kembali.

Terapi radiasi bisa dilakukan apabila sudah ada ciri ciri sebagai berikut :
  • Tumor sudah menyerang otot dada
  • Ukuran tumor sudah besar, lebih dari 5 cm
  • Kanker sudah menyebar ke kelenjer getah bening

Sama halnya dengan terapi yang lain, terapi radiasi juga memiliki efek samping :
  • Payudara bengkak dan kelelahan
  • Kulit yang terkena radiasi rentan akan merah jika terkena sinar matahari

Efek samping diatas paling lama terjadi selama satu tahun,oleh karena itu bagi anda yang baru saja melakukan terapi radiasi tidak disarankan untuk beraktivitas terlalu banyak dibawah papasan sinar matahari. Karena hal tersebut dapat memperburuk kulit anda yang masih sensitive akibat terapi tersebut.

Diatas adalah beberapa cara pengobatan kanker payudara, berapa lama proses pengobatan tersebut? Biasanya proses pengobatan tersebut bervariasi tergantung pada kondisi tubuh seseorang. Oleh karena itu hal yang perlu kita ingat yaitu selalu berkonsultasi kepada dokter, ikuti saran dari dokter.

Terkadang satu cara yang digunakan untuk mengobati kanker payudara tidak cocok dengan kita, oleh karena itu konsultasikanlah kepada dokter yang lebih faham tentang kanker tersebut. Jangan sungkan untuk menceritakan keluh kesah anda kepada dokter tersebut.

0 Response to "4 CARA MENGOBATI KANKER PAYUDARA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel